Pembelajaran merupakan hal mendasar dalam memperoleh ilmu pengetahuan. Hernawan (2013: 9), pembelajaran pada hakikatnya merupakan suatu proses komunikasi transaksional yang bersifat timbal balik, baik antara guru dengan peserta didik, maupun antara peserta didik dengan peserta didik lainnya, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Pembelajaran dilakukan di SD Negeri 01 Benteng Hulu memiliki rangkaian proses. Bermula dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dari :
- Daftar Ulang
- Pembagian wali kelas dan kelas peserta didik
- Persiapan kelas
- Asessmen awal peserta didik
- Perencanaan Pembelajaran
- Analisis Capaian Pembelajaran
- Menyusun Tujuan Pembelajaran
- Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
- Menyusun Modul Ajar
- Menyusun Jadwal Pelajaran
Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan modul ajar yang sudah disusun kemudian mengevaluasi pembelajaran.
Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan asessmen. Asessmen dilakukan dengan bentuk:\
- Asessmen Formatif
- Asessmen Sumatif
Daftar Pustaka
Hernawan, A.H. (2013). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.